Contoh Surat Resign

Contoh Surat - Mengundurkan diri dari suatu pekerjaan di sebuah instansi atau sebuah perusahaan kadang membuat kita bimbang. Kadang walau kita sudah memantapkan pilihan untuk pengunduran diri atau mengundurkan diri, tetapi pikiran apakah pilihan mengundurkan diri ini sudah tepat atau belum ini masih suka menyelimuti.

Tetapi, apapun alasan kita memilih untuk pengunduran diri atau mengundurkan diri, selayaknya kita tetap berlaku sopan kepada tempat yang telah memberikan kita pekerjaan tersebut. Caranya yaitu dengan melakukan pamit secara baik – baik karena sebelumnya kita masuk memulai bekerja di tempat tersebut secara baik – baik maka keluarnya pun harus secara baik – baik pula. Cara pamit yang baik yaitu salah satunya dengan mengajukan surat pengunduran diri.

Contoh Surat Resign


Contoh Surat Resign - Kami harap dari uraian diatas Anda sudah dapat mengerti tentang surat resign. Namun untuk lebih jelasnya, berikut ini kami berikan beberapa contoh surat pengunduran diri khususnya untuk yang belum mengetahui atau masih bingung mengenai surat pengunduran diri itu seperti apa. Perhatikan format dan cara penulisannya.

Contoh Surat Resign


Bandung, 17 Agustus 2016

Yth. Manager HRD
PT. Sukses Maju Bersama
Jl. Panjang Sekali No. 1 Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                    : Frieska Sukma Putri
NIK                        : 5709642456
Jabatan                 : Management Trainee Dept. HRD

Menyatakan bahwa saya mengundurkan diri sebagai karyawan pada posisi tersebut diatas dari PT. Sukses Maju Bersama terhitung sejak tanggal 10 September 2016.

Adapun alasan dari pengunduran diri saya dari perusahaan ini adalah karena adanya kewajiban untuk karyawan baru untuk tidak menikah selama dua tahun pertama bekerja. Sedangkan saya akan menikah dua bulan lagi, yaitu pada bulan Oktober, maka jika saya tidak mengundurkan diri, saya akan melanggar peraturan perusahaan ini.

Saya mengucapkan terimakasih atas segala kesempatan serta dukungan dan kerjasama yang pernah terjalin selama saya menjabat sebagai Management Trainee Departemen HRD pada perusahaan ini. Banyak pengalaman serta ilmu telah yang saya dapatkan dan semakin saya kuasai. Selain itu saya juga memohon maaf apabila selama saya bekerja ada PT. Sukses Maju Bersama ini pernah melakukan kesalahan atau hal yang tidak berkenan.

Dan mengenai tanggung jawab pekerjaan yang belum bisa saya selesaikan sepenuhnya serta rencana kerja kedepan yang belum saya kerjakan, saya laporkan semua dari kemajuan dan perkembangan sampai rencana – rencana yang telah saya buat melalui lampiran dalam surat ini.
Sekian surat pengunduran diri ini saya buat dengan benar tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan semoga surat ini dapat dimaklumi. Atas perhatian Bapak / Ibu, saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya,


Frieska Sukma Putri

Pada dasarnya, ada banyak alasan kenapa kita memilih untuk mengundurkan diri dari suatu pekerjaan. Ada yang jenuh atau bosan dengan pekerjaan tersebut dan sehingga membutuhkan suasana yang baru, ada yang memang sebenarnya tidak menyukai pekerjaan yang dilakoni tetapi karena butuh pekerjaan maka harus melakoni pekerjaan itu, ada yang memang sudah mendapatkan pekerjaan di tempat kerja yang lain, ada yang karena sakit jadi tidak sanggup melakukan pekerjaan yang telah dilakoni, atau bisa juga karena akan menikah dan sang calon suami tidak mengijinkan untuk seorang istri bekerja saat sudah menikah nanti, dan masih banyak lagi alasan yang mengharuskan kita mengundurkan diri dari suatu pekerjaan pada sebuat tempat kerja.

Contoh Surat Resign II


Perihal : Permohonan Pengunduran diri

Kepada Yth.
Direktur HRD PT. Maju Sukses Bersama
Jl. Damai Sehat No. 365 Bandung

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, saya :

Nama           : Wina Athalia
NIK              : 8091289
Jabatan       : Kepala Administrasi

Menyampaikan bahwa saya mengajukan permohonan pengunduran diri saya sebagai Kepala Administrasi pada PT. Maju Sukses Bersma dikarenakan saya akan ikut suami saya yang pindh bekerja di luar negeri sehingga tidak memungkinkan saya untuk tetap bekerja pada perusahaan ini.

Saya ucapkan banyak terimakasih atas segala bimbingan dan kerja sama yang terjalin selama saya menjadi kepala administrasi pada perusahaan ini. Saya juga ucapkan terimakasih atas dukungan dan semangat yang telah diberikan kepada saya untuk seluruh pihak khususnya kepada atasan dan teman – teman seperjuangan. Ada banyak sekali pengalaman dan ilmu tentang administrasi serta ilmu lainnya yang saya dapatkan disini yang tidak saya dapatkan ketika saya masih di bangku kuliah. Ilmu – ilmu yang dapat menjadi manfaat dan wajib untuk diterapkan kedalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Demikian surat permohonan pengunduran ini saya buat dengan sungguh – sungguh. Semoga permohonan pengunduran diri saya ini dapat dikabulkan dan dapat dimaklumi. Atas perhatian Bapak / Ibu saya ucapkan terima kasih.



Bandung, 17 Agustus 2016

Hormat saya,


Wina Athalia

Dalam pembuatan surat pengunduran diri ini tidaklah sulit. Cukup mudah seperti membuat surat lamaran pekerjaan hanya berbeda konteksnya saja. Tetapi harus tetap diperhatikan tata caranya agar surat pengunduran diri yang kita buat tidak menyinggung perasaan yang membaca, tetap sopan, resmi dan terlihat professional.


Lihat Juga :

- Contoh Surat Pemberitahuan
- Contoh Surat Permintaan
- Contoh Surat Keterangan


Contoh Surat Resign III


Bandung, August 17, 2016

To : Mr. Andrean Hamzah Effendi
Research and Production Manager
PT. Sukses Maju Bersama

Cc: Mr. Freddy Gunawan
Human Resources Manager
PT. Sukses Maju Bersama


Dear Mr. Andrean

I would like to inform you my irrevocable pengunduran diriation  from my position as Production Operator of PT. Sukses Maju Bersama, effective September 17, 2016.

It is a great opportunity working at PT. Sukses Maju Bersma considering the fact that I have no enough knowledge regarding my position and still giving me the chance to work at PT. Sukses Maju Bersama. I enjoyed with your company with great people around me but things wouldn’t work out the way I wanted to be. That is why I’m leaving my position and take new challenge and phase of my career.

Thank you for the opportunity as well as the knowledge that you provide me during the last two years.


Sincerely,


Thomas Kurniawan Arief

Hal yang paling penting sebelum mengajukan pengunduran diri adalah berpikir secara matang dan logis. Pikirkan lagi sebelum mengambil keputusan tersebut, jangan sampai ada penyesalan nantinya. Karena mencari pekerjaan itu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan skill atau kemampuan serta peruntungan. Ada cukup banyak yang memiliki kemampuan bagus tetapi peruntungan tidak bagus, maka orang yang ini cukup sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Padahal orang ini bisa sangat menguntungkan pihak perusahaan.

Contoh Surat Resign IV


Bandung, 23 September 2015

Kepada Yth :
Bapak Ketua Lembaga Pendidikan Cepat Sukses
Bandung – Jawa Barat
di-
Tempat

Dengan Hormat,

Bersama surat ini saya  mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Kepala Sekolah SD Cepat Sukses Bandung Desa Cimahi, terhitung sejak tanggal 24 September 2015, Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Katon Priyatna
Tempat Tanggal Lahir : 17 April 1971
Jabatan : Kepala Sekolah
Masa Kerja : 4 tahun

Saya ucapkan yang sebesar-besarnya  dan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan SD Cepat Sukses Bandung kepada saya untuk pengalaman dan kesempatan membimbing anak-anak mengembangkat bakat untuk menjadi generasi penerus bangsa Indonesia selama kurang lebih 4 tahun ini.

Tak lupa saya mohon maaf kepada jajaran keluarga besar SD Cepat Sukses Bandung  apabila terdapat hal - hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di SD ini.

Saya berharap SD Cepat Sukses Bandung menjadi sekolah yang terus maju dan sukses serta menjadi yang lebih baik di kedepannya baik dalam hal prestasi ataupun lainnya. Amin.


Hormat saya,


Katon Priyatna

Format surat pengunduran diri dari jabatan yang benar tidak ada bedanya dengan surat pengunduran diri yang baik dan surat pengunduran diri dari guru karena pada dasarnya ini adalah surat yang dibuat saat kita ingin keluar dari sebuah tempat bekerja.

Nah sudah jelas kan seperti apa contoh surat resign yang baik dan benar?  Itulah bahasan mengenai surat resign yang sudah kami susun untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami, simak juga contoh - contoh surat lainnya disini. Tunggu update dari contoh surat berikutnya dan sampai jumpa.

0 komentar:

Posting Komentar