Contoh Surat Lamaran

Contoh Surat - Surat lamaran atau surat pengantar pengajuan lamaran kerja adalah sebuah surat perkenalan yang melekat kepada seseorang untuk melamar pekerjaan di sebuah perusaahaan, kantor atau instansi terkait untuk mengisi posisi atau jabatan tertentu, didalam pembuat surat lamaran kerja, seorang pelamar harus menyertakan dokumen lain seperti resume atau curriculum vitae.

Surat lamaran pekerjaan memang sudah menjadi sub bahsan wajib dalam pelajaran bahasa Indonesia. Biasanya materi ini mulai diberikan kepada anak didik di sekolah tingkat mengenah yang tentu saja akan segera berhadapan dengan dunia kerja. Meskipun materi ini memang kurang diminati, entah karena memang kurang menarik ataupun karena si guru kurung bisa menarik minat anak didik, padahal banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dari materi ini. Salah satunya adalah tentang bagaimana karakteristik surat lamaran kerja yang baik, langkah - langkah pembuatan surat lamaran kerja, serta bagaimana pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pandangan masyarakat kita saat ini mengenai pekerjaan seakan latah mengatakan bahwa kerja adalah mendapat gaji, kerja yang bagus adalah bekerja dengan mendapatkan gaji yang tinggi. Padahal hal itu tidak sepenuhnya tepat, apakah benar jika pengusaha kaya raya itu mendapat gaji? Tentunya tidak, karena ia mendapatkan uang hasil bekerja diatas kaki sendiri, bukan bekerja yang diatur oleh atasan atau bos. Berbicara mengenai pekerjaan di perusahaan, sebelumnya harus ada langkah-langkah yang kita jalani, salah satunya ialah proses melamar kerja. Dalam sebuah proses lamaran kerja tersebut, biasanya perusahaan yang kita minati akan menyeleksi para calon pekerja dengan mewajibkan membawa atau mengirimkan surat lamaran kerja via email.

Di berbagai situs website, koran, atau TV sudah banyak bertebaran lowongan kerja yang bisa Anda lamar sesuai skill atau kemampuan yang Anda miliki. Jika Anda mempunyai passion di bidang pemrograman, tentunya Anda bisa melamar kerja menjadi programer di salah satu perusahaan IT. Kembali ke surat lamaran kerja, dalam tata cara membuat surat lamaran dibutuhkan kemampuan menulis yang baik dari Anda, serta kreativitas tentunya. Satu hal yang berpengaruh diterima atau tidaknya Anda bekerja di instansi terkait adalah surat lamaran yang Anda kirimkan, pastinya perusahaan akan menilai mulai dari aspek penulisan, kerapihan, formatnya, dan kreativitasnya.

Contoh Surat Lamaran


Contoh Surat Lamaran - Buat kamu yang sedang mencari contoh surat lamaran dan masih bingung tentang cara penulisannya, jangan khawatir. Kami sudah mempersiapkan contoh - contoh surat penjelasan yang bisa kamu amati dan pelajari. Berikut adalah contoh dari surat lamaran.


Contoh Surat Lamaran


Jakarta, 20 Januari 2016

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
Bpk / Ibu Personalia 
PT. Maju Terus Pantang Mundur
Jl. Mawar Merah No. 88
Jakarta Barat

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Maju Terus Pantang Mundur yang saya dapatkan dari harian Merdeka pada tanggal 15 Nopermber 2014. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Maju Terus Pantang Mundur.

Berikut ini adalah data singkat saya :

Nama                             : Siswono Suryo
Tempat / tgl. lahir       : Jakarta, 05 mei 1995
Pendidikan Terakhir   : S1 Manajemen Informatika
Alamat                          : Jl Penggangsaan Timur No 56
Telepon (HP)                : 081234567891
Status                            : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.


Hormat saya,


Siswono Suryo


Lihat Juga :

- Contoh Surat Perjanjian
- Contoh Surat Penawaran Kerjasama
- Contoh Surat Penjelasan

Contoh Surat Lamaran II


Medan, 11 Oktober 2015


Kepada Yth,
Manajer SDM
PT DWI Tama Media Nusantara
Jl. Raden Mutiara No 75
Medan Kota

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan di harian Radar Medan tanggal 10 Oktober 2015, bahwa PT DWI Tama Media Nusantara saat ini sedang melakukan requirement untuk bagian accounting.

Mengetahui hal tersebut, saya sangat tertarik untuk mengajukan diri saya menempati posisi accounting di perusahaan yang bapak pimpin.

Berikut data mengenai diri saya :

Nama                                   : Shinta Pratiwi
Tempat & Tanggal Lahir : Medan, 19 Januari 1996
Pendidikan Akhir              : SI Akuntansi, USU
Alamat                                : Jl. Sahabat Baru No.24 RT/RW 004/01 Sungai Selan, Boro Kota Medan
Hp, Email                           : 0878-8821-8248, shinta_xxxx@yahoo.co.id
Status Perkawinan           : Belum Menikah

Background pendidikan saya adalah SI Akuntansi, dan saat ini tidak terikat dengan perusahaan lain. Saya dapat bekerja secepatnya sesuai dengan permintaan perusahaan.

Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data penunjang :
  1. Pas Foto Terbaru ( 3×4 )
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Foto copy ijazah dan transcrip nilai legalisir
  4. Foto copy sertifikat dan pelatihan.
Saya sangat tertarik menempati posisi accounting di perusahaan Bapak/Ibu, besar harapan saya Bapak/Ibu dapat memberikan kesempatan wawancara untuk menjelaskan lebih detil mengenai diri saya.

Demikian saya sampaikan surat lamaran kerja ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.




Hormat Saya,


Shinta Pratiwi


Contoh Surat Lamaran III


Yulia Antonov
Jl. Raya Metan No.33 RT/RW 011/04
Kalibata Kota, Kalibata
Jakarta Selatan
Mobile Phone: 0813-8211-1313;– Email : shat_xxxxx@yahoo.co.id

Jakarta, 11 Maret 2015

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Manajer SDM
PT. Yaha Yemao
Jl. Duta Meredo Medana No. 15
Jakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari iklan di olx, per tanggal 10 Februari 2015, bahwa PT Yaha Yemao membuka lowongan pekerjaan untuk bagian IT Support.

Menindaklanjuti informasi tersebut saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama                                   : Yulia Antonov
Tempat & Tanggal Lahir : Jakarta, 12 Desember 1992
Pendidikan Akhir              : S1 Teknik Informatika, Universitas Indonesia
Alamat                                 : Jl. Raya Metan No.33 RT/RW 011/04 Kalibata Kota, Kalibata Jakarta Selatan
Hp, Email                            : 0813-8211-1313, shat_xxxxx@yahoo.co.id
Status Perkawinan            : Belum Menikah

Bersama surat ini saya menyampaikan ketertarikan saya untuk menjadi salah satu kandidat untuk mengisi posisi tersebut. Posisi ini sesuai dengan background pendidikan saya S1 Teknik Informatika.

Saya telah bekerja sebagai IT Support di IBM selama 4 tahun, ketertarikan dan passion saya di IT support telah saya tekuni semenjak 6 tahun lalu dengan memulai karir sebagai asisten lap praktikum jaringan komputer.

Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data penunjang :
  1. Pas Foto Terbaru ( 3×4 )
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Surat pengalaman kerja
  4. Foto copy ijazah dan transcrip nilai legalisir
  5. Foto copy sertifikat dan pelatihan.
Besar harapan saya Bapak/Ibu dapat memberikan kesempatan wawancara untuk menjelaskan lebih detil mengenai diri saya.

Demikian saya sampaikan surat lamaran kerja ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

TTD

Yulia Antonov

Demikian beberapa contoh surat lamaran pekerjaan, semoga bermanfaat bagi Anda. Jika ada kurang-lebihnya, silakan dirubah sesuai dengan kebutuhan. Akhir kata, periksalah kembali suat yang sudah selesai Anda tulis sebelum Anda menyerahkan surat tersebut ke pihak tertuju.

0 komentar:

Posting Komentar