Contoh Surat Kuasa Yang Benar

Surat Kuasa adalah sebuah surat yang memberikan kuasa terhadap orang yang diperintah untuk melakukan suatu hal. Surat Kuasa merupakan salah satu jenis surat resmi, yang artinya ada standarisasi tertentu dalam tata cara penulisan surat tersebut. Lebih lanjut mengenai Surat Kuasa bisa disimak pada contoh yang akan saya paparkan dibawah.

Dalam membuat surat ini anda mesti cermat lantaran nanti anda bakal memberi kuasa penuh pada orang yang terima surat kuasa dari anda serta jika anda bakal memberi kuasa atas suatu hal yang bernilai, sebaiknya anda harus juga cermat pilih orang yang bakal di beri kuasa atas hak anda.


Tidak menutup kemungkinan mungkin anda bakal dirugikan lantaran memberi kuasa pada orang yang tidak bertanggungjawab. Serta yang butuh Anda ingat juga dalam menuliskan surat kuasa anda baiknya memakai bahasa yang lugas, singkat, efisien, serta mesti anda upayakan bahasa itu tak berbelit-belit

Contoh Surat Kuasa


Nah dibawah ini sudah saya rangkum beberapa contoh surat kuasa yang benar yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pembelajaran.


Contoh Surat Kuasa Khusus Resmi



SURAT KUASA KHUSUS



17/SK/X/Pdt/KPLF/PMH/2012

Yang bertanda tangan dibawah ini, nama Ernawati Widowati, ST pekerjaan Swasta yang bertempat tinggal di Jalan Locari Jetak No. 21 RT.01/RW.02 Kelurahan Sumbersekar Kecamatan Dau Kota Malang dengan ini memberi kuasa kepada Nuti Wicaksari Mahendra, SH pekerjaan advokat berkantor di Rapak Assosiation Law gedung clevened lantai 15 Jalan Kapitan Pattimura No.21 Malang 65959

KHUSUS

Untuk mewakili pemberi kuasa sepenuhnya sebagai PENGGUGAT dalam perkara perdata Perbuatan Melawan Hukum melawan PT. Mangun Kusuma yang diwakilkan oleh Dodi Kurniawan, SH. Perusahaan yang bergerak di bidang pangan, yang berkedudukan dan berkantor pusat di Tangerang dan berkantor cabang di Malang di Jalan Sidomakmur No.08 RT.01 /RW.02 Campus Puncak Permata Kecamatan Ngadirejo, Kota Balikpapan sebagai TERGUGAT.


  • Dengan demikian penerima kuasa membela hak-hak dan mengurus kepentingan pemberi kuasa, melaksanakan dan menerima setiap pembayaran, membuat dan menerima kwitansi pembayaran.
  • Penerima kuasa diperkenankan bertindak terkait hal hukum kepada setiap orang dan dalam setiap persoalan yang berkaitan dengan perkara tersebut, memiliki tempat kediaman hukum, menghadap hakim dan pembesar instansi pemerintahan.
  • Penerima kuasa diperkenankan berperkara kepada muka pengadilan negeri dalam mengajukan gugatan, memberikan jawaban, menolak, dan mengajukan saksi-saksi, menerima serta menolak perdamaian, memohon keputusan dan turunan keputusan pengadilan negeri, dan juga memohon agar keputusan pengadilan negeri senantiasa tetap dilaksanakan.
  • Penerima kuasa diperkenankan membuat dan menandatangani surat dan melaksanakan setiap hal yang seharusnya dilaksanakan dan berguna untuk kepentingan pemberi kuasa, dengan syarat tidak dilarang maupun tidak berlawanan atau bertentangan undang-undang dasar, dan jika perlu penerima kuasa dapat memindah tangankan kekuasaannya itu sebagian atau seluruhnya kepada orang lain disertai hak dalam menarik kembali pemindahan kuasa yang sudah diserahkan.
  • Penerima kuasa diperkenankan melaksanakan upaya hukum dari pengadilan tingkat pertama hingga dengan tingkat kasasi.


Malang, 21 April 2017

Penerima Kuasa                         Pemberi Kuasa



(Nuti Wicaksari Mahendra, SH) (Ernawati Widowati, ST)


Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang




SURAT KUASA


Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Lengkap : Alhamdulillah Anakku Lanang
No. KTP : 09.9001.130386.00001
Tempat dan Tanggal Lahir : Bekasi, 14 Januari 1996
Alamat : Jln.Bumi Asri Sengkaling RT.08/RW.07, Malang

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA, Menyerahkan kuasa kepada :

Nama Lengkap : Akmal Bachtiar
No. KTP : 09.9003.130224.00001
Tempat, Tanggal Lahir : Makassar, 6 Desember 1996
Alamat : Jln. Wastu Asri RT.02/RW.03, Jakarta

Untuk mengambil uang secara tunai sejumlah Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) di rekening Bank Mandiri Punya saya dengan data sebagai berikut ini :

No. Rekening : 01242197-332
Atas Nama : Alhamdulillah Anakku Lanang
Nama Bank : Bank Mandiri

Setiap resiko akan menjadi tanggung jawab saya selaku pemberi kuasa. Demikian surat kuasa ini kami buat dengan yang sesungguhnya agar dipakai sebagaimana mestinya.

Malang, 8 Juni 2019

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa



(Akmal Bachtiar) (Alhamdulillah Anakku Lanang)


Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Resmi


 
SURAT KUASA



Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Lengkap : Ari Agung Ginawan
No. KTP : 09.2005.820168.00001
Tempat dan Tanggal Lahir : Magetan, 17 Januari 1994
Alamat : Jln. Bumi Asri  Sengkaling RT.03/RW.02, Malang

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA, memberikan kuasa kepada :

Nama Lengkap : Muhammad Ahmad Azman
No. KTP : 09.3007.140302.00001
Tempat, Tanggal Lahir : Madura, 6 Agustus 1993
Alamat : Jln. Soekarno Hatta RT.02/RW.04, Jakarta

Dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA untuk mengambilkan BPKB Mobil dengan nomor polisi Ag 3217 MYZ tahun 2015.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan yang sesungguhnya agar dipergunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 18 April 2019

Penerima Kuasa                   Pemberi Kuasa



(Muhammad Ahmad Azman) (Ari Agung Ginawan)

Demikian tadi kumpulan contoh surat kuasa yang diharapkan dapat Anda jadikan sebagai referensi yang berguna. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar